Jeneponto ( 14/6/2017). BPBAP Takalar kembali melaksanakan program pemberian bantuan kepada kelompok pembudidaya ( Pokdakan ) di Kabupaten Jeneponto dimana bulan sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Barru, Pangkep dan Takalar. Seperti biasa pemberian bantuan ini langsung di serahkan oleh Kepala BPBAP Takalar Ir. Nono Hartanto, M.Aq bersama dengan Kepala Dinas Perikanan Kab. Jeneponto , H. Agus Saleh, S.P, M.AP  . Pemberian bantuan kepada Pokdakan disetiap Kabupaten berbeda beda, tergantung proposal yang masuk dari Pokdakan dan komoditas apa yang dibudidayakan.

Pada kesempatan ini jumlah kelompok pembudidaya yang diberikan bantuan sebanyak 14 kelompok, dengan rincian 12 Kelompok penerima bantuan benih udang windu,1 kelompok penerima bibit  rumput laut Eucheuma cottonii 200 kg dan 1 Kelompok penerima bantuan bibit Gracillaria sp sebanyak 62.500 individu ( 5 Bentang ). Total bantuan yang diberikan sebanyak 1.200.000 ekor benih udang windu PL 13, 200 kg bibit rumput laut Eucheuma cottoni dan 5 Bentang bibit Gracillaria sp.

Nono Hartanto, selaku kepala BPBAP Takalar mengatakan pemberian bantuan ini dilaksanakan secara bergiliran di beberapa Kabupaten dan disesuaikan dengan proposal permintaan bantuan benih yang masuk dari Pokdakan. Adapun tujuan dari pemberian Bantuan ini adalah untuk memberikan stimulant kepada pembudidaya sehingga keberlanjutan usaha budidayanya bisa berkesinambungan. Apabila kegiatan budidayanya berkelanjutan, maka secara otomatis akan meningkatkan taraf hidup / kesejahteraan pembudidaya. Disamping itu produksi perikanan budidaya juga secara otomatis akan meningkat. Pemberian bantuan ini tidak terhenti disini saja, akan tetapi tim teknis dari BPBAP Takalar akan mendampingi mulai dari persiapan lahan, kegiatan budidaya sampai kepada panen.

Disamping pemberian bantuan, BPBAP Takalar Juga melakukan Restocking ( penebaran benih kealam ) yaitu benih udang windu sebanyak 1 juta ekor PL 13. Tujuan dari restocking ini adalah untuk menjaga stok udang windu di alam. Harapan kita udang windu dan komoditas laiinya tetap terjaga kelestariannya di alam. Kegiatan restocking ini dilaksanakan di perairan Biring Je”ne kelurahan Pabiringan kecamatan Binamu Kab. Jeneponto.

 

BPBAP Takalar berkomitmen akan melakukan restocking setiap bulannya di sembilan Kabupaten.